Wednesday 18 June 2014

RESEP OBAT HERBAL UNTUK ANAK



Obat herbal sesungguhnya dapat mengurangi resiko si Kecil dari paparan zat kimia yang terkandung dalam obat-obat di pasaran.

Ketika Si Kecil tiba-tiba sakit mendadak di malam hari atau kala persediaan obat di rumah sedang kosong; sesungguhnya dapur kita dapat menjadi “apotek kecil” kita. Seperti telah kita ketahui, nenek moyang kita mempunyai aneka resep obat herbal untuk anak yang bahan-bahannya dapat dengan mudah kita peroleh dari sekeliling kita, atau malahn dari bahan-bahan dapur di rumah.

theAsianParent memiliki beberapa resep obat herbal yang mungkin saja Parents butuhkan saat ini.

1. OBAT HERBAL UNTUK BATUK BERDAHAK

Batuk berdahak seringkali mengganggu tidur si Kecil. Suaranya bahkan seringkali membuat para orang tua menjadi susah untuk memejamkan mata.

BIla si Kecil di rumah masih termasuk dalam usia bayi, cobalah rebus tumbukan 2 ruas jahe dan rebus dengan 2 gelas air matang selama kurang lebih 5 menit. Minumkan pada si kecil 2-3 kali sehari.

Alternatif lainnya, tumbuklah 2 ruas kencur dan rebus dengan 1/2 gelas air selama 5 menit juga. Berikan 2-3 kali sehari kepada si Kecil.

Untuk anak yang lebih besar, daun lidah buaya dan madu dapat dijadikan bahan untuk mnegeluarkan dahak yang mengganggu. Parutlah 1 batang daun lidah buaya (hilangkan durinya terlebih dahulu). Kemudian peras dan aduk dengan 6 sendok makan madu. Minumkan setiap pagi dan sore.

2. OBAT HERBAL UNTUK BATUK KERING

Batuk kering seringkali disebabkan oleh asap rokok, alergi, asma atau zat iritant di sekitar anak. Untuk memperingan gejalanya, cobalah ambil 10 buah belimbing wuluh, tumbuk halus, dan tambahkan 250 ml air (1 cangkir) dan sedikit garam. Peras dan ambil sarinya. Minumkan setiap pagi dan petang.

3. OBAT HERBAL UNTUK BATUK REJAN ATAU BATUK 100 HARI (PERTUSIS)

Batuk rejan adalah jenis batuk yang sangat menular. Kebanyakan menyerang anak-anak di bawah 1 tahun. Untuk mengurangi derita Si Kecil, cobalah cuci dan parut 30 g Umbi Bidara Upas (di Jawa dikenal dengan nama widara upas, orang Maluku menyebut dengan nama Halilae). Tambahkan 2 sdm air, saring, dan campur dengan 1 sdm madu. Minumkan 3 kali sehari.

4. OBAT HERBAL UNTUK INFLUENZA

Flu seringkali menyerang si Kecil. Memberikannya obat-obatan kimia terus-menerus saat si Kecil terserang flu, bukanlah sebuah tindakan yang bijaksana. Cobalah sesekali resep obat herbal berikut ini.

Obat LUAR: campurkan 2 sdt minyak kayu putih, 2 sdt minyak Gandapura, 3 sdt minyak kelapa dan 3 sdt air jeruk nipis. Gosokkan 2 kali sehari pada leher dan punggung Si Kecil.

Obat ORAL: tumbuk labu air sebesar 4 jari kita. Tambahkan 1/3 genggam bayam dan tumbuk lagi hingga halus. Beri 1/2 gelas air, peras dan saring. Beri sedikit jeruk nipis. Berikan pada si Kecil 3 sdm dengan frekuensi 2 kali sehari.

5. OBAT HERBAL PEREDA DEMAM

Demam adalah penyakit yang juga biasa menyerang Si Kecil. Sebelum memberikan obat pereda panas, cobalah gosok ketiak, punggung, dan perutnya dengan ramuan berikut ini.

Dua atau tiga buah bawang merah kupas, diparut. Campur dengan 2 sdm minyak kayu putih (jika khawatir terlalu panas, kayu putih dapat diganti dengan minyak kelapa) dan air dari seiris jeruk nipis. Jika tidak ada jeruk nipis, Parents dapat gunakan air asam jawa.

Pada beberapa kasus demam yang agak berat, gosokkan ramuan di atas pada bagian kepala, semua lipatan tubuh, serta semua bagian tubuh yang dirasa panas jika dipegang.

Demikian beberapa resep obat herbal untuk penyakit yang biasa menyerang si Kecil. Nantikan resep obat herbal lainnya, ya.

sumber: http://id.theasianparent.com/

No comments:

Post a Comment