Wednesday 18 June 2014

BUS TINGKAT WISATA KELILING JAKARTA



Beberapa puluh tahun yang lalu, di Jakarta juga ada bus tingkat. Saat ini, bus tingkat untuk angkutan umum sudah tidak digunakan lagi. Banyak anak-anak generasi jaman modern yang belum pernah melihat bus tingkat di jalan-jalan Jakarta.

Namun sekarang, Jakarta sudah punya bus tingkat kembali namun sebagai sarana rekreasi keluarga di Ibu Kota Jakarta.

Sejak 24 Maret 2014, Jakarta memiliki layanan rekreasi baru yang disediakan oleh pemerintah kota Jakarta, 'City Tour Jakarta' namanya. Dengan bus bertingkat ini, para turis atau wisatawan bisa menikmati kesibukan ibu kota dan memperkenalkan daerah wisata di Jakarta. Untuk sementara (dalam masa percobaan) penumpang tidak dipungut biaya untuk menaiki bus ini alias Gratis! Siapapun punya kesempatan untuk menaikinya.

Saat ini, baru ada 5 bus tingkat wisata yang berkeliling dan diharapkan akan bertambah dalam waktu dekat karena peminatnya juga terus bertambah.

Bis berpenumpang 60 orang ini hanya melaju dengan kecepatan 20 KM/Jam. Dibutuhkan waktu sekitar sejam berkeliling kota Jakarta dengan menggunakan bus ini.

Dengan kecepatan pelan, kita bisa mengamati dan memotret pemandangan di sepanjang jalan tanpa terburu-buru. Jangan lupa bawa kamera ya kalau naik bus ini.

JAM OPERASIONAL, RUTE PERJALANAN & HALTE PEMBERHENTIAN

City Tour Jakarta beroperasi setiap hari.

Untuk hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 07.00 - 19.00 WIB dan hari Minggu mulai pukul 12.00 – 19.00 WIB (karena adanya Car Free Day di jalan Sudirman-Thamrin setiap hari Minggu sampai jam 12 .00 WIB).

Pada hari kerja (Senin sampai Jumat) bus City Tour Jakarta akan berhenti di 9 halte yaitu :

1. Halte Bundaran Hotel Indonesia
2. Halte Sarinah
3. Halte Museum Nasional
4. Halte Pecenongan
5. Halte Pasar Baru
6. Halte Masjid Istiqlal
7. Halte Monas 1
8. Halte Monas 2
9. Halte Balai Kota

Pada hari kerja, penumpang boleh naik dan turun dari dan di halte mana pun.

Sedangkan pada Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional (tanggal merah), bus City Tour Jakarta hanya akan berhenti di beberapa halte saja, dan sistemnya adalah penumpang naik dan turun di halte yang sama.

Bila ingin mengetahui informasi tentang di halte mana saja bus akan berhenti pada akhir pekan atau hari libur (tanggal merah), untuk sementara ini operator City Tour Jakarta akan mengumumkannya lewat akun twitter mereka di @CityTour

Walaupun gratis, kita tetap harus mengikuti aturan. Di dalam bus ini, tidak boleh ada orang yang berdiri. Semua penumpang harus duduk. Kalau bus penuh, kakak penjaga pintu bus akan meminta kita untuk turun dari bus dan menunggu bus selanjutnya.

Selain harus dapat tempat duduk, penumpang juga dilarang makan, minum dan merokok di dalam bus. Jadi sebaiknya menghabiskan dahulu makanan, minuman atau menyelesaikan kegiatan merokok sebelum kita naik ke dalam bus.

PEMANDANGAN DARI BUS TINGKAT

Dari tingkat atas (lantai 2) bus wisata ini, kita bisa melihat pemandangan yang berbeda. Tak heran kalau tingkat atas hampir selalu penuh. Tangga menuju ke lantai atas kerap kali penuh sesak ketika penumpang yang naik dan yang turun berpapasan. Nah, kalau sudah begini, kita harus mengutamakan penumpang yang turun lebih dahulu.

KEISTIMEWAAN BUS TINGKAT CITY TOUR

City Tour Jakarta ini adalah bus tingkat yang istimewa, karena para penumpang diajak mengelilingi kota Jakarta dengan nyaman dan di dalam bus terdapat fasilitas seperti penyejuk ruangan, sebuah televisi kecil, kamera CCTV, pengeras suara, dan guide yang memberikan informasi mengenai sejarah Jakarta.

O iya, satu lagi yang istimea dari Bus Tingkat Wisata Keliling Jakarta ini adalah semua petugas di bus tingkat wisata adalah perempuan lho, mulai dari pengemudi, petugas On Board dan juga Polisi yang menjaga keamanan penumpang. Khusus pengemudi dipilih wanita adalah supaya mengendarai bus-nya bisa lembut dan sabar.

Para petugas bus juga akan memberian peta kota Jakarta kepada penumpang. Dengan melihat peta ini, kita tidak perlu sampai sesat di jalan walaupun malu bertanya. Di peta ini juga ada beberapa informasi yang biasanya diperlukan oleh wisatawan. Ada informasi tempat-tempat wisata, acara rutin di Jakarta, dan juga nomor-nomor telepon penting.

MPOK SITI

Bus tingkat wisata keliling Jakarta ini punya nama panggilan kesayangan. Namanya Mpok Siti. Nama ini berasal dari city tour. City kalau dibaca kan, mirip dengan Siti, nama perempuan yang sering digunakan oleh anak-anak Betawi ?

PERSIAPAN MENAIKI BUS TINGKAT WISATA KELILING JAKARTA (CITY TOUR)

1. Pada akhir pekan atau hari libur nasional, sebaiknya berusahalah mulai mengantri di halte City Tour Jakarta di pagi hari sebelum ramai. City Tour Jakarta mulai beroperasi jam 07.00 WIB setiap harinya.

2. Khusus akhir pekan, sebelum berangkat carilah informasi di twitter @CityTourJakarta tentang lokasi halte mana saja bus akan berhenti mengambil dan menurunkan penumpang (karena setiap Sabtu dan Minggu bus hanya akan berhenti di beberapa halte tertentu saja).

3. Pada akhir pekan menjelang siang hari, persiapkanlah anak-anak untuk mengantri agak lama (sekitar 45 menit sampai 1 jam) di halte-halte khusus yang telah dipasang tanda atau rambu City Tour Jakarta. Bawalah cemilan, minuman , buku bacaan atau obrolan yang menarik agar anak-anak tidak bosan saat menunggu bus datang. Masker, payung, jas hujan juga bisa dibawakan untuk berjaga-jaga dari debu kendaraan maupun bila tiba-tiba hujan datang.

4. Habiskanlah makanan atau minuman sebelum menaiki bus karena dilarang makan, minum atau merokok di dalam bus Jakarta City Tour.

5. Saat bis datang, bersiaplah keadaan penumpang berjubel dan berdesakan karena belum ada aturan antrian yang jelas di halte ditambah dengan kebiasaan orang Jakarta yang tidak mau tertib antri.

6. AC di dalam bus Jakarta City Tour lumayan dingin, ada baiknya membawa jaket atau baju hangat untuk anak-anak untuk dikenakan saat di dalam bus (apalagi ketika hujan, AC di dalam bus terasa semakin dingin).

7. Bila di halte tempat kita menunggu sudah terlalu banyak penumpang yang ingin naik bus Jakarta City Tour, ada baiknya kita bergerak pindah lokasi ke halte lainnya agar tidak terlalu lama menunggu dan bisa segera dapat tempat duduk di dalam bus.

8. Selalu dahulukan penumpang yang akan turun atau keluar dari bus dan turutilah apa yang diarahkan oleh petugas On Board City Tour Jakarta yang bertugas menjaga ketertiban penumpang saat naik, turun maupun saat di dalam bus.

9. Bila halte tempat kita menunggu bus City Tour sepertinya sudah terlalu berdesakan dengan calon penumpang, kita bisa mempertimbangkan untuk pindah ke lokasi halte City Tour Jakarta yang lainnya . Khusus weekend atau tanggal merah, periksa dulu di halte mana bus akan stop sesuai dengan informasi yang dibagikan di akun twitter @CityTourJakarta pada hari itu.

Bagaimana? Menarik bukan? Dengan fasilitas ini, berwisata di pusat kota Jakarta menjadi lebih mudah, murah, dan nyaman. Semoga dalam waktu dekat operasional Jakarta City Tour akan semakin membaik terutama dalam penambahan jumlah armada, keteriban antrian di halte dan penyebaran informasi tentang lokasi halte pemberhentian bus terutama saat hari libur atau tanggal merah.

Yuk ajak keluarga jalan-jalan keliling Jakarta, dan jangan lupa menyimak cerita dari para pemandu dari Komunitas Historia, dijamin cerita-cerita sejarah dari mereka ini sangat menarik dan menambah wawasan sehingga sangat berkesan dan menambah wawasan tentang kota Jakarta.

Foto-foto lainnya bisa dilihat di --> http://tinyurl.com/mvzdzgs

sumber: www.liburananak.com

No comments:

Post a Comment